Kembali Work From Office (WFO)

wfo jkg hari 1

Dua bulan lebih, sejak bulan Maret 2020 (Baca: Pandemi Covid-19, Civitas Akademika JKG Bekerja dari Rumah), hampir seluruh pegawai Poltekkes Kemenkes Makassar bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Termasuk pegawai Jurusan Keperawatan gigi . Meskipun begitu, tetap ada beberapa pegawai, karena ada sesuatu pekerjaan yang mengharuskan tetap ke kantor atau WFO. Itu pun tidak full time seperti hari-hari normal sebelum pandemi Covid-19. Pegawai yang work from home tetap diwajibkan mengerjakan tugas seperti biasa, hanya saja berubah menjadi serba daring.

Kegiatan Hari Pertama WFO di JKG

Hari ini, tanggal 5 Juni 2020, akhirnya seluruh pegawai Poltekkes Kemenkes Makassar kembali work from office (WFO). Hal ini sesuai dengan Surat Edaran No.HK.02.03/2.1/2746/2020 tentang Pengaturan Sistem Kerja Pegawai di Lingkungan Poltekkes Makassar dalam Tata Normal Baru. Meskipun menjalankan WFO, pegawai wajib melaksanakan protokol kesehatan. Yaitu: menggunakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk kantor, memeriksa suhu tubuh, dan menjaga jarak sesama pegawai.

Demikian juga pegawai di lingkungan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Makassar (JKG Polkesmas), kami juga mulai melaksanakan WFO. Tetapi di hari pertama WFO ini, kami tidak langsung aktif bekerja sebagaimana sebelumnya. Banyak yang harus dipersiapkan untuk memulai New Normal. Kegiatan yang dilakukan hari ini adalah melakukan bersih-bersih setiap ruangan. Sementara proses belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

Persiapan Kampus

Hari-hari berikutnya tentu perlu dilakukan persiapan untuk kembali menjalankan proses belajar-mengajar di kampus . Persiapan diharapkan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi (panduan dapat diunduh di sini). Hal ini dilakukan agar pada saat mahasiswa kembali kuliah di kampus, protokol pencegahan Covid-19 sudah siap. Diharapkan kampus mampu melakukan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19. Selanjutnya, mahasiswa siap memasuki era New Normal. Lebih jauh lagi, sebagai calon tenaga kesehatan, mahasiswa diharapkan juga dapat berperan dalam pencegahan Covid-19 di lingkungannya, dimulai dari keluarga, dan masyarakat sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *