Daring dalam Segala Kegiatan JKG Poltekkes Kemenkes Makassar

rpat daring jkg poltekkes kemenkes makassar

Perpanjangan Masa Pembelajaran Daring

Tidak terasa sudah satu bulan terhitung sejak tanggal 16 Maret 2020 seluruh civitas akademika JKG Poltekkes Kemenkes Makassar berkerja dari rumah (Baca: Pandemi Covid-19, Civitas Akademika JKG Poltekkes Kemenkes Makassar bekerja dari Rumah). Pada Surat Edaran Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar sebelumnya yaitu SE No. HK.02.03/2.1/1402/2020 bekerja dari rumah berlaku mulai tanggal 16 sampai dengan 31 Maret 2020.

Namun setelah mempertimbangkan perkembangan Covid-19 yang semakin masif dan belum adanya penurunan insiden kejadiannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar memutuskan memperpanjang masa pembelajaran mahasiswa secara daring. Sampai hari ini telah dua kali diterbitkan SE Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar yang isinya perpanjangan masa pembelajaran daring.

Penggunaan Media Belajar Daring

Pada awalnya masih canggung menggunakan media pembelajaran daring. Namun tidak terlalu lama mahasiswa dan dosen mulai terbiasa memanfaatkan media pembelajaran daring, baik VILEP yang didesain untuk Poltekkes Kemenkes, maupun media pembelajaran daring lainnya seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet, dan sebagainya. Sedangkan untuk kuis atau ujian dosen menggunakan Google Form, Quizizz, Socrative, dan lain sebagainya. Bahkan untuk tugas mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, atau menggunakan channel You Tube.

Salah satu tugas mata kuliah yang diberikan oleh dosen, mahasiswa diminta untuk membuat video penyuluhan kesehatan gigi. Dan ternyata hasilnya cukup banyak yang kreatif dan menarik. salah satunya bisa kita lihat di video berikut ini:

Selain contoh karya mahasiswa D4 Terapi Gigi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Makassar di atas, masih banyak karya mahasiswa lainnya yang juga tidak kalah bagus dan menarik yang sudah diunggah di channel YouTube JKG Polkesmas. Jangan lupa di Like and Subscribe ya!

Tidak hanya proses belajar mengajar, pertemuan atau rapat juga dilakukan secara daring. Bahkan untuk mengupgrade skill dan pengetahuan, dosen mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh berbagai pihak.

Tentu saja semua kegiatan daring tersebut tidak lantas selalu berjalan mulus. Terkadang ada kendala yang dihadapi. Kendala yang paling sering ditemui adalah terbatasnya kuota dan signal internet mahasiswa. Namun pada akhirnya, karena keadaan, karena Covid-19,  JKG Poltekkes Kemenkes Makassar kini ikut mengambil peran di era revolusi 4.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *